Orang - Orang Ini Tidak Bisa Membaca dan Menulis


- No comments
MERDEKA.COM - Disleksia adalah sebuah kondisi yang membuat seseorang kesulitan membaca dan menulis. Hal ini biasanya terdeteksi ketika seseorang masih kanak- kanak, dan seringkali membuat mereka memiliki kemampuan belajar yang berada di bawah rata-rata. Meski begitu, disleksia tak mempengaruhi besarnya kecerdasan seseorang, hanya membuat mereka kesulitan untuk membaca dan menulis.

Penderita disleksia terlihat seperti kebanyakan orang. Keadaan ini memang tak terlihat secara fisik. Namun orang yang memiliki disleksia akan mengalami kesulitan ketika mereka harus membaca, menulis, mengurutkan angka, atau menerima perintah.

Meski begitu, tak berarti penderita disleksia akan mengalami kesulitan selamanya dalam hidup mereka. beberapa tokoh terkenal di dunia diketahui adalah seorang penderita disleksia. Namun mereka berhasil menunjukkan bahwa disleksia bukan halangan untuk menjadi sukses. Berikut adalah beberapa tokoh terkenal yang diketahui memiliki disleksia.




1. Albert Einstein

Nama Albert Einstein saat ini seolah telah identik dengan kata 'jenius'. Namun siapa sangka, penemu teori relativitas ini ternyata juga seorang penderita disleksia. Meski begitu, faktanya menderita disleksia tak membuat Einstein menyerah.

Einstein diketahui menderita disleksia ketika dia sering gagal mengingat hal-hal sederhana. Einstein tak bisa mengingat jumlah bulan dalam setahun, namun dia bisa berhasil menyelesaikan formula matematika tersulit. Einstein juga diketahui tak bisa menalikan tali sepatunya dengan benar, namun kejeniusannya terbukti membuatnya bisa sukses dan melegenda hingga saat ini.




2. Leonardo da Vinci


Siapa yang tak kenal dengan Leonardo da Vinci, sang pencipta Mona Lisa dan pelukis The Last Supper. Hingga saat ini nama da Vinci masih sangat melegenda dan diperbincangkan oleh banyak orang. Pelukis terkenal ini ditengarai adalah seorang yang menderita disleksia. Hal ini diindikasikan oleh tulisan tangan Da Vinci.

Da Vinci seringkali menuliskan ide-ide penemuannya dengan tulisan tangan. Seringkali Da Vinci menulis kalimat secara terbalik sehingga hanya bisa dibaca lewat cermin. Ini adalah hal biasa bagi penderita disleksia yang kidal. Penulis disleksia seringkali tak sadar bahwa cara mereka menulis tak sama dengan orang kebanyakan. Meski begitu, desain yang dibuat Leonardo Da Vinci sangat mendetail dan rinci, sekaligus brilian.




3. Thomas Alva Edison

Tanda - tanda disleksianya adalah saat ia tidak mulai bicara sampai usia 4 tahun. Dan saat berusia 10 tahun, ia dikeluarkan dari sekolah karena terlalu lambat dalam belajar dan mengganggu kelas karena selalu bertanya sepanjang waktu. Padahal ia baru masuk sekolah dasar selama 3 bulan.

Thomas Alva Edison adalah penemu dari Amerika dan merupakan satu dari penemu terbesar sepanjang sejarah. Edison mulai bekerja pada usia yang sangat muda dan terus bekerja hingga akhir hayatnya. Selama karirnya, Thomas Alva Edison telah mempatentkan sekitar dari 1.093 hasil penemuannya, termasuk bola lampu listrik dan gramophone, juga kamera film. Ketiga penemuannya membangkitkan industri- industri besar bagi industri listrik, rekaman dan film yang akhirnya mempengaruhi kehidupan masyarakat di seluruh dunia.

Ia juga merupakan pendiri General Electric, salah satu perusahaan terbesar di dunia yang memproduksi alat-alat elektronik yang sekarang kita gunakan.




4. Abhishek Bachchan


Abhishek Bachchan adalah seorang aktor India yang terkenal. Ia menderita disleksia. Waktu kecil ia tidak bisa belajar karena kesulitan dalam membaca dan menulis. Sekarang ia adalah seorang superstar.




5. Pablo Picasso


Keunggulan bakat Picasso tampak saat ia berumur 13 tahun. Saat itu, ayah sekaligus guru melukisnya yang pertama, Jose Ruizy Blanco, takjub pada ketepatan teknik dalam sketsa merpati bikinan sang anak. Konon, ketakjuban itu sampai membuatnya berhenti melukis. Setahun kemudian Picasso mulai menyelenggarakan pameran dan menjual karya-karyanya.

Harga karya-karya Picasso stabil mahal. Pasar menyukainya, tak peduli ia adalah seniman yang sangat produktif. Picasso menghasilkan lebih dari 20 ribu karya seni dan hampir 2.000 di antaranya adalah lukisan.

Sumber : https://tirto.id/pablo-picasso-dan-seni-yang-tak-patuh-pada-apa-pun- bYbD

Pablo Picasso tidak bisa membedakan antara angka 7 dengan bentuk hidung pamannya. Dia berkata, ini pamanku hidungnya terbalik.




6. Walt Elias Disney


Siapa ayah Mickey Mouse ? Benar, Walt Disney. Bermasalah dengan tulisan tangannya, ia abdikan hidupnya untuk dunia kartun.

Siapa yang tak kenal Walt Disney dan tokoh-tokoh animasi hasil karyanya yang telah menjadi ikon di seluruh dunia? Dia adalah seorang produser, sutradara, penulis naskah, pengisi suara, animator, pengusaha dan terkenal karena kedermawanannya. Disney dinobatkan sebagai seseorang yang sangat menginspirasi dan inofatif dalam dunia hiburan pada abad ke-20. Walt Disney menderita Disleksia, namun kenyatannya dia bersekolah di dua tempat, sekolah menengah umum dan Akademi Seni Rupa, sehingga membuatnya harus berusaha lebih keras dibandingkan anak-anak seumurannya.




7. Neil Diamond


Dia menumpahkan rasa malunya ke dalam lagu.

Ia adalah seorang penyanyi, penulis lagi dan musisi Amerika. Karirnya dimulia tahun 1960. Neil telah menjual 120 miliar rekaman di seluruh dunia. Membuatnya jadi salah satu best-selling artists sepanjang sejarah. Lagu - lagunya telah di cover oleh penyanyi di seluruh dunia dari berbagai macam genre.




8. Agatha Christie


Bayangkan seorang penulis yang tidak bisa membaca dan menulis seperti anak kecil ? Anda penggemar cerita-cerita detektif Hercule Poirot dan Miss Marple ? Tentunya Anda sudah tak asing dengan sang pencerita ulung Agatha Christie. Hingga kini cerita-cerita misteri Agatha Christie telah terjual miliaran kopi. Agatha Christie juga diketahui menderita disleksia.

Namun hal ini tak menghentikannya untuk menjadi orang yang kreatif. Agatha pun tak lelah belajar untuk menulis dan membuat novel-novel misterinya yang hebat dan selalu bisa menyergap pembacanya. Hingga saat ini novel-novelnya telah menginspirasi banyak novelis serta pembuat film.



====
Sebenarnya masih banyak banget tokoh - tokoh legenda yang menderita disleksia. Dan ketika ente coba cari tahu, ente pasti bakal tercengang dibuatnya. Namun ane hanya memposting tokoh - tokoh yang disebutkan di film yang ada di bawah ini.

No comments :

Post a Comment